Guru Biasa: bisa memberitahukan, --------------- Guru Baik: bisa menjelaskan, --------------- Guru Ulung: bisa memperagakan, --------------- Guru Hebat: bisa menginspirasi

Bohong Susah,Jujur Indah

Ini adalah uswatun khasanah,tentang Kejujuran......

1.Kejujuran Syeikh Abdul Qadir Jaelani
Syeikh Abdul Qadir semasa berusia 18 tahun meminta izin ibunya merantau ke Baghdad untuk menuntut ilmu agama. Ibunya tidak menghalang cita-cita murni Abdul Kadir meskipun keberatan melepaskan anaknya berjalan sendirian beratus-ratus batu. Sebelum pergi ibunya berpesan supaya jangan berkata bohong dalam apa jua keadaan. Ibunya membekalkan wang 40 dirham dan dijahit di dalam pakaian Abdul Kadir. Selepas itu ibunya melepaskan Abdul kadir pergi bersama-sama satu rombongan yang kebetulan hendak menuju ke Baghdad. 

Dalam perjalanan, mereka telah diserang oleh 60 orang penyamun. Habis harta kafilah dirampas tetapi penyamun tidak mengusik Abdul Kadir kerana menyangka

SK GTY DIKDAS, INFO

SK Dirjen Penetapan Tunjangan Profesi via dekon TA.2012, dapat dilihat dengan klik disini, oke

Berita Sertifikasi 2012

INFO, buat rekan Guru PNSD Sertifikasi 2006-2011 Kab. Purworejo PENDIDIKAN DASAR (TK/SD/SMP/SLB)/,  SK Daftar Penerima Tunjangan TA 2012, Via Tranfer Daerah,  sebagian telah turun,  baru sekitar 60% dari jumlah yg berhak terima tunjangan. Yang sekitar 40% baru akan diurus ke Kementrian (besuk-oleh Mas Toro).
SK ini sebagai dasar hukum untuk penerbitan SK BUPATI. Pencairan Dana dan dana untuk  triwulan1 (Jan-Maret) sudah masuk ke Kasda Purworejo dengan alokasi sebesar relatif sesuai kebutuhannya. Bagi rekan GTY melalui dekonsentrasi Provinsi Jateng. Untuk bisa melihat Daftar yg sudah masuk dalam SK  silahkan klik di sini.    dan bisa didownload setelah terbuka filenya,  lewat menu : File > download as > (pilih) Excel  
Catatan : File tersebut tersimpan di Account Google Document nya Pak Bi.
Sumber : account fb pak bi...

Race pada Lap Terakhir

Tes Ujicoba Ujian Nasional 2012 tahap ke-3 yang digelar tanggal 2-6 Maret 2012 dapat
dipakai sebagai gambaran kesiapan siswa kelas 9 SMP/ MTs sebagai peserta Ujian Nasional tahun ini. Hasil ini juga bisa dipakai sebagai evaluasi pada indikator yang belum dikuasai calon peserta untuk bisa diperbaiki di sisa 40 hari menjelang laga yang sesungguhnya, ibaratnya inilah race pada last lap. Untuk lebih menajamkan titik fokus, diharapkan bapak/ ibu guru yang mengajar kelas 9 untuk mendownload file analisis hasil TUC3 yang sudah ditayang oleh web rekanan MKKS.
Silahkan download :
1. Hasil lengkap TUC3 2012
2. ANALISIS Hasil TUC3 2012
serta lihat pada jendela berikut ini...

BAGAIMANA MEMBANGUN SEBUAH ALUR KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DAN COCOK DENGAN DATA DUKUNGNYA;SEBUAH CONTOH?

CATATAN HASIL VERIFIKASI GURU BERSERTIIKASI 2012.

Bagaimana membangun alur pembelajaran,sehingga ketersediaan dokumen pembelajaran itu berfungsi dan bermakna secara maksimal;terhindar dari hanya sekedar ada,sekedar terpenuhi,bahkan sekedar SAJEN.

Kalau hanya sekedar ada,mudah to,apalagi bagi yang familiar internet,apapun ada ,tinggal edit,beres.Kalau targetnya hanya limit di sini,jangan kaget bila itu akan terasa amat-amat kering,TIDAK HIDUP,TIDAK PUNYA RUH.Okelah untuk pemula,tapi bila ini dipertahankan mati2an,akan terbongkar,bila anda masih berkatagori amat2 linear.

Lha,terus bagaimana kita meniupkan ruh ke dalam dokumen 2 pembelajaran ,sehingga bermakna dan merupakan mercusuar segala target kita,in adalah sebuah contoh kegiatan;

Contoh ;Kegiatan UH 1

1.Ada KD atau beberapa KD sebagai bahan uji,yg ini dapat dilihat pada SILABUS dan atau Prota/Promes .

2.Ada Indikator refresentatifnya,sebagai bahan unt menyusun butir soalnya,ini bisa di lihat pada SILABUS dan atau RPP.

3.Kapan,dapat dilihat pada PROMES

4.Ada Instrumen Soal,yg diberi judul UH 1 KD.......,ini bisa dicek pada Buku Kumpulan Evaluasi.

5.KKM UH1?,bisa dilihat pada Analisis KKM.

6.Koreksi dan komentar motivasi?bisa ambil copy salah satu siswa ,sebagai bukti dukung

7.Hasil?dapat dicek pada Buku Daftar Nilai

8.Analisis Hasil UH 1,bisa manual dan bisa pula pakai aplikasi program,yg penting kita akan mengetahui sejauh mana tagihan itu tercapai unt setiap individunya,bila dilihat dari KKM yg telah ditetapkan.

9.Program Tindak Lanjut?apakah REMEDIAL dan atau Pengayaan.Bila remedial kok harus ulangan atau tugas,adakah butir soal/tugasnya,dan hasil koreksinya dan hasil nilai ?

10.Apakah masih perlu REMEDIAL2?3?

Nah,bila alur ini kita bisa menerapkan secara konsis dan sistematis,maka keberadaan dokumen yg kita buat dan siapkan akan konex dan mat dengan apa yg kita laksanakan dan enak serta mudah crosceknya,bisa nyambung dan klik,oke.

TENTANG PENILAIAN AHKLAK & KEPRIBADIAN DI RAPOR

Bahwa,untuk setiap akhir semester,semua guru mapel membuat laporan penilaian afeksi berkaiatan ahklak dan kepribadian.Dan ini hanya sekedar contoh,bagaimana proses tersebut kita aktualisasikan dalam laporan ke guru Pendidikan Agama atau guru Pkn.

PANDUAN PENILAIAN AKHLAK MULIA DAN KEPRIBADIAN SMP NEGERI/SWASTA ...PURWOREJO
Ketentuan Umum
1. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan (menganalisis dan menafsirkan) data tentang proses dan hasil belajar peserta didik, sehingga menjadi informasi yang

PENDIDIKAN SEBENARNYA?

by Prof Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI)
LIMA belas tahun lalu saya pernah mengajukan protes pada guru sebuah sekolah tempat anak saya belajar di Amerika Serikat.Masalahnya, karangan berbahasa Inggris yang ditulis anak saya seadanya itu telah diberi nilai E (excellence) yang artinya sempurna, hebat, bagus sekali. Padahal dia baru saja tiba di Amerika dan baru mulai belajar bahasa.
Karangan yang dia tulis sehari sebelumnya itu