Guru Biasa: bisa memberitahukan, --------------- Guru Baik: bisa menjelaskan, --------------- Guru Ulung: bisa memperagakan, --------------- Guru Hebat: bisa menginspirasi

BAGAIMANA MEMBANGUN SEBUAH ALUR KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DAN COCOK DENGAN DATA DUKUNGNYA;SEBUAH CONTOH?

CATATAN HASIL VERIFIKASI GURU BERSERTIIKASI 2012.

Bagaimana membangun alur pembelajaran,sehingga ketersediaan dokumen pembelajaran itu berfungsi dan bermakna secara maksimal;terhindar dari hanya sekedar ada,sekedar terpenuhi,bahkan sekedar SAJEN.

Kalau hanya sekedar ada,mudah to,apalagi bagi yang familiar internet,apapun ada ,tinggal edit,beres.Kalau targetnya hanya limit di sini,jangan kaget bila itu akan terasa amat-amat kering,TIDAK HIDUP,TIDAK PUNYA RUH.Okelah untuk pemula,tapi bila ini dipertahankan mati2an,akan terbongkar,bila anda masih berkatagori amat2 linear.

Lha,terus bagaimana kita meniupkan ruh ke dalam dokumen 2 pembelajaran ,sehingga bermakna dan merupakan mercusuar segala target kita,in adalah sebuah contoh kegiatan;

Contoh ;Kegiatan UH 1

1.Ada KD atau beberapa KD sebagai bahan uji,yg ini dapat dilihat pada SILABUS dan atau Prota/Promes .

2.Ada Indikator refresentatifnya,sebagai bahan unt menyusun butir soalnya,ini bisa di lihat pada SILABUS dan atau RPP.

3.Kapan,dapat dilihat pada PROMES

4.Ada Instrumen Soal,yg diberi judul UH 1 KD.......,ini bisa dicek pada Buku Kumpulan Evaluasi.

5.KKM UH1?,bisa dilihat pada Analisis KKM.

6.Koreksi dan komentar motivasi?bisa ambil copy salah satu siswa ,sebagai bukti dukung

7.Hasil?dapat dicek pada Buku Daftar Nilai

8.Analisis Hasil UH 1,bisa manual dan bisa pula pakai aplikasi program,yg penting kita akan mengetahui sejauh mana tagihan itu tercapai unt setiap individunya,bila dilihat dari KKM yg telah ditetapkan.

9.Program Tindak Lanjut?apakah REMEDIAL dan atau Pengayaan.Bila remedial kok harus ulangan atau tugas,adakah butir soal/tugasnya,dan hasil koreksinya dan hasil nilai ?

10.Apakah masih perlu REMEDIAL2?3?

Nah,bila alur ini kita bisa menerapkan secara konsis dan sistematis,maka keberadaan dokumen yg kita buat dan siapkan akan konex dan mat dengan apa yg kita laksanakan dan enak serta mudah crosceknya,bisa nyambung dan klik,oke.

TENTANG PENILAIAN AHKLAK & KEPRIBADIAN DI RAPOR

Bahwa,untuk setiap akhir semester,semua guru mapel membuat laporan penilaian afeksi berkaiatan ahklak dan kepribadian.Dan ini hanya sekedar contoh,bagaimana proses tersebut kita aktualisasikan dalam laporan ke guru Pendidikan Agama atau guru Pkn.

PANDUAN PENILAIAN AKHLAK MULIA DAN KEPRIBADIAN SMP NEGERI/SWASTA ...PURWOREJO
Ketentuan Umum
1. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan (menganalisis dan menafsirkan) data tentang proses dan hasil belajar peserta didik, sehingga menjadi informasi yang

PENDIDIKAN SEBENARNYA?

by Prof Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI)
LIMA belas tahun lalu saya pernah mengajukan protes pada guru sebuah sekolah tempat anak saya belajar di Amerika Serikat.Masalahnya, karangan berbahasa Inggris yang ditulis anak saya seadanya itu telah diberi nilai E (excellence) yang artinya sempurna, hebat, bagus sekali. Padahal dia baru saja tiba di Amerika dan baru mulai belajar bahasa.
Karangan yang dia tulis sehari sebelumnya itu

RUANG LINGKUP KISI-KISI MATEMATIKA

UJIAN NASIONAL TAHUN 2011-2012
Berikut ini saya posting penajaman Kisi-Kisi Ujian Nasional Matematika tahun 2012  hasil "tangkapan" dari blog temenku, yang "bos"nya MGMP Mat kebumen....
Berikut ini saya tayang apa adanya....
SKL.1
Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat dan bentuk akar, aritmetika sosial, barisan bilangan , serta penggunannya  dalam pemecahan masalah ( BILANGAN )
Indikator:
1.               Menghitung operasi tambah, kurang , kali atau  bagi pada bilangan ( bulat dan pecahan )   ( 2 soal )
a.       Konsep operasi campuran
b.       Aplikasi
2.               Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala dan perbandingan  ( 2 soal )
a.       Perbandingan senilai
b.       Perbandingan berbalik nilai
c.        Aplikasi berkaitan dengan perbandingan

KRITERIA LULUS DARI SATUAN PENDIDIKAN SMP

Kelulusan peserta didik/peserta ujian ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah melalui rapat Dewan Pendidik dengan memenuhi empat kriteria sebagai berikut:

Hasil TUC 2 UN 2012

Tes Ujicoba ke-2 Ujian Nasional 2012 kabupaten Purworejo yang dilaksanakan tanggal 8 sampai dengan 11 Februari 2012, diikuti oleh seluruh Sekolah setingkat SMP/MTs baik negeri maupun swasta. Terdata ada  43 SMP Negeri, 4 SMP Terbuka, dan 51 SMP Swasta, 3 MTs Negeri dan 11 MTs swasta mengikuti TUC yang diselenggarakan oleh MKKS Kab Purworejo ini. Dari 11.856 peserta yang mengikuti tes, diperoleh hasil selengkapnya seperti tampak pada jendela di bawah ini, yang juga bisa di download selengkapnya...

Prediksi TUC2 Matematika

TUC2 UN 2012 yang diselenggarakan oleh MKKS kabupaten Purworejo mulai Rabu 8 Februari 2012 diikuti oleh semua sekolah setingkat SMP se-kabupaten Purworejo. TUC mapel Matematika yang diselenggarakan pada hari ke-3 Jumat 10 Februari 2012, bisa dilihat prediksi nilainya di sini, dengan cara masukkan salinan jawabannya di sini, tunggu sekitar 5 menit sambil di refress, dan lihat prediksi nilainya pada jendela dibawah ini. Selamat memprediksi.