Guru Biasa: bisa memberitahukan, --------------- Guru Baik: bisa menjelaskan, --------------- Guru Ulung: bisa memperagakan, --------------- Guru Hebat: bisa menginspirasi

PPDB 2012 Tayang Real Time Online

Merujuk  Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Nomor : 422.1 / 2423 / 2012 tanggal 21 April 2012, bahwa  penyelenggaraan PPDB harus memenuhi prinsip  Transparan, artinya pelaksanaan penerimaan peserta didik harus terbuka dan diketahui masyarakat luas termasuk orang tua dan peserta didik, sehingga dapat dihindari penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi dalam penerimaan peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut di atas,  MGMP Matematika Kabupaten Purworejo bermaksud  mengadakan  Pelatihan Pengoperasian PPDB Tayang Real Time Online Berbasis Google Document


Untuk rencana ini  kami menyebarkan Undangan  (unduh)  yang kami sertai lampiran seperti di bawah ini yang dapat didownload di sini
PPDB 2012  TAYANG REAL TIME ONLINE
BERBASIS GOOGLE DOCUMENT
A.    LATAR BELAKANG
Seiring dengan semakin majunya  Teknologi Informasi dan Komunikasi memungkinkan kita bisa mengetahui dan mengikuti peristiwa yang sedang terjadi pada belahan dunia yang lain secara langsung.  Perubahan informasi yang serba cepat menuntut sarana komunikasi yang bisa menjembatani agar informasi yang bersifat dinamis tersebut bisa segera sampai ke pengguna informasi untuk segera mengambil langkah kebijakan yang strategis.
Dalam dunia pendidikan, salah satu contoh betapa kita perlu mendapat informasi sesegera mungkin adalah pada saat seleksi penerimaan peserta didik baru pada awal tahun ajaran. Seleksi penerimaan peserta didik baru yang menggunakan jumlah nilai UAN / UASBN sebagai dasar penyusunan peringkat seleksi selalu dipantau oleh masyarakat. Sekolah penyelenggara seleksi perlu memfasilitasi suatu system yang memudahkan calon peserta didik atau orang tua calon untuk mengikuti perkembangan teraktual dari proses seleksi tersebut. Salah satu prinsip Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun  2012, sesuai dengan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Nomor : 422.1 / 2423 / 2012 tanggal 21 April 2012 adalah Transparan artinya pelaksanaan penerimaan peserta didik harus terbuka dan diketahui masyarakat luas termasuk orang tua dan peserta didik, sehingga dapat dihindari penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi dalam penerimaan peserta didik.
B.     MAKSUD DAN TUJUAN
Dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut di atas, MGMP Matematika kabupaten Purworejo bermaksud menawarkan Program PPDB 2012  Tayang Real Time Online. Program ini pernah di uji pakai oleh SMP Negeri 4, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 31 pada PPDB 2011 ditayangkan pada website www.ppdbsmppwr.co.cc dan mendapat apresiasi yang bagus dari masyarakat dan sekolah pengunanya.
Selain itu, untuk memperlancar operator dari sekolah pengguna Program PPDB  Tayang Real Time Online dan, kami MGMP Matematika akan menyelenggarakan Pelatihan Penggunaan Program ini. Untuk itu Kami memohon kepada Kepala Sekolah agar sekolah yang Bapak/ Ibu pimpin dapat berpartisipasi dalam Program PPDB 2012  Tayang Real Time Online berbasis Google Ducument dan dapat mengirimkan dua orang peserta pelatihan yang salah satunya adalah guru matematika.
C.    GAMBARAN PROGRAM
Pada dasarnya program ini adalah semacam file spreadsheet yang berbasis Google Document yang dirancang untuk bekerja berdasarkan relly atau tanding jumlah nilai dari 3 mapel yang di UASBN kan dan ditambah nilai piagam kejuaraan bagi yang memiliki. Dalam program ini sudah dirancang untuk mengurutkan secara otomatis dari jumlah yang tertinggi ke jumlah terendah. Apabila ada beberapa pendaftar yang jumlah nilainya sama, maka pendaftar yang lebih dahulu yang menang.
D.    CARA KERJA
Program ini dirancang untuk secara mengurutkan secara otomatis begitu satu data “pendaftar baru” di entry. Program ini ditaruh di server nya Google Document dan di share ke public, sehingga bisa diakses dari sembarang tempat sepanjang bisa menjangkau layanan Internet. Program ini juga dikemas untuk dua macam tayangan, yaitu tayang peringkat secara komprehensif dan tayang format layar LCD dengan hanya menampilkan peringkat-peringkat krusial.
Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas silahkan kunjungi: www.ppdbsmppwr.blogspot.com  atau www.ppdbsmppwr.co.cc 
E.     BEBERAPA KELEBIHAN DARI PROGRAM INI :
1.      Langsung diperingkat secara otomatis.
2.      Bisa dientry oleh  2 orang atau lebih secara bersamaan.
3.      Bisa dipantau secara live / realtime online  dari mana saja lewat www.ppdbsmppwr.blogspot.com  dan bisa dipasang pada website masing-masing Sekolah ( di link URLnya).
4.      File tersimpan aman biarpun Komputer/ Laptop  yang baru saja dipakai mengentry data tiba-tiba rusak atau hilang, data tidak akan hilang kerena file asli program ini ditaruh di servernya Google Doc
5.      Tidak perlu di save berkali-kali, karena langsung tersimpan otomatis tiap kali ada data baru yang di entrykan.
6.      Tersedia dalam format tayangan LCD Proyektor dan Peringkat Lengkap.
7.      Tayangan pada format LCD Proyektor bersifat dinamis, menayangkan peringkat yang krusial, tergantung pada jumlah peserta yang sudah mendaftar, dan informasi Passing Grade yang aktual.
8.      Jika ada peserta yang mengundurkan diri, peringkatnya langsung di paling bawah.
9.      Bisa langsung dicetak untuk ditempel pada papan Pengumuman.
10.  Nama dan Nilai bisa dimunculkan dalam Formulir dan tanda bukti pendaftaran.
F.     SARANA YANG DIBUTUHKAN
Syarat untuk bisa memakai program ini adalah tersedia jaringan internet ( lebih baik jika ada hotspot, biar bisa bekerja dengan beberapa Laptop). Bagi sekolah yang belum memiliki jaringan internet, bisa menggunakan Modem tancap yang sekarang banyak beredar di pasaran.
Selain itu diperlukan LCD proyektor untuk menayangkan tampilan peringkat agar masyarakat bisa memantau di tempat penyelenggaraan PPDB.  Dan yang tidak kalah penting adalah adanya operator yang mengentry data dan menjalankan serta mengawal program ini. Kami sarankan peserta yang dikirim ke pelatihan ini agar membuat email di gmail terlebih dahulu bagi yang belum memiliki demi kelancaran pelatihan. Jika belum punya, bisa dibuat pada saat pelatihan.
G.     PENUTUP
Demikian Program sederhana  ini dibuat untuk lebih meningkatkan layanan kepada masyarakat dan stake holder pendidikan. Besar harapan kami kepada Bapak / Ibu Kepala Sekolah agar sekolah yang Bapak/ Ibu pimpin dapat berpartisipasi dalam Program PPDB 2012  Tayang Real Time Online Berbasis Google Document ini. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar